Pemerintah Kabupaten Sumenep

Profil Satuan Kerja

SKPD : Dinas Perhubungan
Alamat : Jl. Arya Wiraraja No. 10 Sumenep
Telpon / Fax : (0328) 666516 / (0328) 666515
Email : phbsmp@gmail.com
Website :

Profil Pimpinan

Nama : Drs. AGUSTIONO SULASNO, MH
NIP :
Pangkat :
Golongan :

Tugas Pokok

Tugas Jajaran komponen pada lingkup Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Kepala Dinas Perhubungan
   -Tugas: Merumuskan kebijakan teknis dan strategis, melaksanakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum, pembinaan dan pelaksana tugas bidang Perhubungan
Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep terdiri dari Sekretariat, Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Bidang Prasarana, Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Kelompok Jabatan Fungsional serta Unit Pelaksana Tugas
2. Sekretaris
   -Tugas: Melaksanakan pemberian pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Perhubungan Kabupaten.
Dalam pelaksanaan tugasnya, Sekretaris dibantu oleh 3 (tiga) kepala sub bagian terdiri dari : (1) Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi; (2) Kepala Sub Bagian Keuangan; (3) Kepala Sub Bagian.
3. Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan
   -Tugas: Melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi dan pelaporan di bidang lalu lintas dan angkutan.
Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan membawahi 3 (tiga) Kepala Seksi, terdiri dari : (1) Kepala Seksi Lalu Lintas (2) Kepala Seksi Angkutan (3) Kepala Seksi Pengujian Sarana.
4. Kepala Bidang Prasarana
  -Tugas: Melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi dan pelaporan di bidang prasarana.
5. Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan
  -Tugas: Melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan dan keselamatan transportasi.
6. Kepala UPT
   Kepala UPT mempunyai tugas melaksanakan kegiatanteknis penunjang organisasi induknyadan membawahi 1 (satu) Kasubbag Tata Usaha




Fungsi

Fungsi Jajaran komponen pada lingkup Dinas Perhubungan Kab. Sumenep dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Kepala Dinas Perhubungan
- Fungsi
Dalam melaksanakan tugas, Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi :
1) Perumusan kebijakan teknis dan strategis di bidang perhubungan;
2) Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang perhubungan;
3) Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perhubungan
4) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep terdiri dari Sekretariat, Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Bidang Prasarana, Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Kelompok Jabatan Fungsional serta Unit Pelaksana Tugas
2. Sekretaris
- Fungsi
Dalam melaksanakan tugas, Sekretariat menyelenggarakan fungsi:
1) koordinasi penyusunan rencana, program, anggaran, evaluasi, dan pelaporan Dinas Perhubungan Kabupaten;
2) pemberian dukungan administrasi yang meliputi kepegawaian, ketatausahaan, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, kearsipan, dan dokumentasi;
3) penataan organisasi dan tata laksana;
4) koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan;
5) pengelolaan barang milik/kekayaan daerah; dan
6) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Dalam pelaksanaan tugasnya, Sekretaris dibantu oleh 3 (tiga) kepala sub bagian terdiri dari : (1) Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi; (2) Kepala Sub Bagian Keuangan; (3) Kepala Sub Bagian.
3. Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan
- Fungsi
Dalam melaksanakan tugas, Bidang Lalu Lintas dan Angkutan menyelenggarakan fungsi:
1) Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang lalu lintas, angkutan, dan pengujian sarana;
2) Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang lalu lintas, angkutan, dan pengujian sarana;
3) Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan di bidang lalu lintas, angkutan, dan pengujian sarana; dan
4) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan membawahi 3 (tiga) Kepala Seksi, terdiri dari : (1) Kepala Seksi Lalu Lintas (2) Kepala Seksi Angkutan (3) Kepala Seksi Pengujian Sarana.
4. Kepala Bidang Prasarana
- Fungsi
Dalam melaksanakan tugas, Bidang Prasarana menyelenggarakan fungsi:
1) penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang perencanaan, pembangunan, dan pengoperasian prasarana;
2) penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang perencanaan, pembangunan, dan pengoperasian prasarana;
3) penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan di bidang perencanaan, pembangunan, dan pengoperasian prasarana; dan
4) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Kepala Bidang Prasarana membawahi 3 (tiga) Kepala Seksi, terdiri dari : (1) Kepala Seksi Perencanaan Prasarana (2) Kepala Seksi Pembangunan Prasarana (3) Kepala Seksi Pengoperasian Prasarana.
5. Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan
- Fungsi
Dalam melaksanakan tugas, Bidang Pengembangan dan Keselamatan menyelenggarakan fungsi:
1) Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang Pemaduan Moda, Teknologi Perhubungan, Lingkungan Perhubungan, dan Keselamatan;
2) Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang Pemaduan Moda, Teknologi Perhubungan, Lingkungan Perhubungan, dan Keselamatan;
3) Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan di bidang Pemaduan Moda, Teknologi Perhubungan, Lingkungan Perhubungan, dan Keselamatan; dan
4) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan membawahi 3 (tiga) Kepala Seksi, terdiri dari (1) Kepala Seksi Pemaduan Moda dan Teknologi Perhubungan (2) KepalaSeksi Lingkungan Perhubungan, dan (3) Kepala Seksi Keselamatan
6. Kepala UPT
Kepala UPT mempunyai tugas melaksanakan kegiatanteknis penunjang organisasi induknyadan membawahi 1 (satu) Kasubbag Tata Usaha, Untuk melaksanakan tugas, Kepala UPT mempunyai fungsi :
a. Melaksanakan urusan surat menyurat, pengetikan, penggandaan, pendistribusian dan tata kearsipan;
b. Mengolah data dan menyusun rencana kegiatan UPT;
c. Memberikan pelayanan pengelolaan di wilayah UPT;
d. Melakukan pemeliharaan peralatan, perlengkapan, keamanan dan kebersihan kantor dan wilayah UPT;
e. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian yang berada dalam wilayah UPT;
f. Melakukan pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di lingkungan UPT;
g. Melakukan pembukuan, pelaporan dan penyetoran pendapatan asli daerah (PAD) di lingkungan UPT ke Kas Umum Daerah;
h. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan di lingkungan UPT;
i. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perhubungan sesuai dengan bidang tugasnya.


Nama Layanan Publik
Nama Program Kegiatan
Program dan Kegiatan Dishub 2017 2017
Renstra OPD
Renstra 2016
Nama Layanan Publik Tahun Tingkat
Nama Data Berkas Tahun
Rencana Kerja 2017
LKjIP 2018
DPPA 2018
Renja-RKT 2018